Hadi Hidayat Hammurabi
hadihammurabi

hadihammurabi

Berkenalan dengan Fish Shell

CLI shell yang dapat meningkatkan produktivitas.

Hadi Hidayat Hammurabi's photo
Hadi Hidayat Hammurabi
·Apr 22, 2022·

2 min read

Berkenalan dengan Fish Shell

Subscribe to my newsletter and never miss my upcoming articles

Saat menggunakan komputer, kita dapat memilih 2 cara untuk berinteraksi, yaitu dengan tampilan grafis atau tampilan teks. Tampilan grafis biasa dikenal dengan GUI (Graphical User Interface), sedangkan tampilang teks dikenal dengan CLI (Command Line Interface).

Di artikel ini, kita akan fokus pada CLI saja, jadi bisa kita simpan jauh-jauh dulu dah si GUI ini ahahaha...

Di CLI, terutama di sistem operasi Linux, terdapat mesin yang bertugas untuk mengenali perintah-perintah yang dimasukkan, ini disebut Shell. Contoh Shell yang biasa digunakan adalah sh, bash, dan zsh. Meskipun di luaran sana masih banyak lagi Shell lainnya.

Tapiiii.... di antara Shell di atas, saya pribadi memilih Shell yang namanya fish. Kita bisa buka website resminya di https://fishshell.com/.

Kalau mau dibandingkan, sebetulnya Shell jenis apapun sama saja. Tetapi, bagian yang paling saya suka dari Fish ini adalah autocomplete-nya yang gak ada obat. Kita cuma ketik 1 huruf, muncul semua tu apa saja yang mirip-mirip.

Menariknya, autocomplete yang ada di Fish, bukan cuma munculin perintah-perintah yang bisa dijalanin aja, tapi juga perintah yang pernah dijalanin sebelumnya. Apalagi kalau perintahnya sering kita pake, bakalan muncul paling awal dah tu.

Mari kita coba.

Percobaan 1

Memasukkan karakter L kecil (non-kapital).

image.png

Kita lihat, di situ autocomplete muncul panjang banget. Jadi misal kita mau jalankan perintah yang disarankan, bisa tekan tombol panah kanan lalu enter.

Kalau mau cari yang lain, bisa tekan tombol panah atas.

Percobaan 2

Memasukkan beberapa karakter dan tekan tombol panah atas.

image.png

Bahkan yang karakternya sama di tengah-tengah teks, ikutan muncul juga tuh. Kalau biasa push Git, enak banget, tinggal masukin push terus tekan tombol panah atas, ehhh muncul tu lengkap git push origin master.

Penutup

Dahhh itu dulu percobaannya, terlalu banyak ntar dikira pamer ahahaha... Tapi sejauh ini, saya sendiri pake Fish sangat lancar dan menyenangkan. Semuanya jadi lebih efisien.

Terima kasih sudah baca.

Kalau mau diskusi, komen aja. Kalau mau berteman, bilang aja 😎