hadihammurabi

hadihammurabi

Kupas: Load Balancing

Kupas: Load Balancing

Lebih baik selesaikan perkerjaan bersama-sama daripada sendirian.

Load balancing. Apa itu load balancing? Pernahkan temen-temen mendengar istilah load balancing ini? Mari kita bahas dengan detail sedetail-detailnya (ya setidaknya akan diusahakan begitu)!

Apa itu load balancing?

Kita tau bila ada sebuah pekerjaan akan terasa lebih ringan bila dilakukan bersama-sama, dibandingkan hanya sendiri. Lalu bagaimana jika tidak hanya satu pekerjaan? Prinsipnya masih sama, bersama-sama kan jadi lebih ringan.

Load balancing sendiri berdiri di atas konsep tersebut, yaitu membagi beban kepada beberapa pekerja yang terlibat.

Ehhh sebentar... Ini beban apa? Dan pekerja apa?

Di blog pribadi ini saya selalu share terkait teknologi perangkat lunak, jadi keduanya sudah jelas di ruang lingkup perangkat lunak. Sehingga beban yang dimaksud adalah kebutuhan untuk melakukan suatu proses. Sedang pekerja adalah perangkat lunak yang melakukan proses tersebut.

Tujuan load balancing

Nahhh... Sampai di sini, ketahuan nih, tujuan load balancing adalah beberapa proses dapat dilakukan secara bersamaan oleh beberapa pekerja.

Contohnya, ada 1000 pengguna yang akan mengakses web buatan kita. Andaikan hanya 1 web yang berjalan, maka semua beban akan diberikan ke 1 web kita tadi. Dengan load balancing, kita menjalankan beberapa web lagi, misal jadi 10 web. Artinya, tiap web kita hanya menangani 100 proses.

Dengan begini, proses bisa selesai lebih cepat, dan pekerja mendapat beban yang lebih ringan.

Apa yang dibutuhkan untuk melakukan load balancing?

Load balancer.

Ya, dari namanya sudah ketahuan, berarti perangkat lunak yang bertugas membagi beban kepada seluruh pekerja yang tersedia.

Bagaimana melakukan load balancing

Cara yang paling pertama adalah menjalankan perangkat lunak (pekerja) sebanyak mungkin (selama komputernya masih kuat) lalu mendaftarkan tiap pekerja ke load balancer.

Lalu ya sudah, kita cukup tengok sana sini. Memantau apa yang terjadi.

Setting load balancer kita bahas di lain postingan ya. Ahahaha...

Penutup

Jadi, sudahkan temen-temen melakukan load balancing? Setelah tau keuntungannya, sudah pengen coba load balancing belom? Yok dicoba dari cari tau proses apa aja yang bisa di-load balancing.

Terima kasih sudah baca.

Kalau mau diskusi, komen aja. Kalau mau berteman, bilang aja 😎

 
Share this