hadihammurabi

hadihammurabi

Kupas: Markdown

Kupas: Markdown

Menulis dokumen dengan cara sederhana dan efisien

Temen-temen pernah denger istilah markdown? Pernah cari tau apa itu? Gak perlu cari informasi jauh-jauh lagi, di sini kita kupas aja ni si markdown. Semoga jadi lebih paham dan menambah pilihan solusi suatu saat nanti.

Oya, sebetulnya ide menulis terkait markdown ini, usulan dari temen yang juga pengen nulis tapi masih mau belajar markdown dahulu. Temen-temen bisa cek blog dia di sini. Jadi, ya sudah pasti akan bermanfaat, makanya saya buatkan aja tulisannya.

Yaudah, gasss kita kupas.

Apa itu markdown?

Markdown adalah format dokumen yang penulisannya sederhana namun dapat memenuhi beragam kebutuhan, mulai dari menulis artikel, dokumentasi, hingga todo list. Karena kesederhanaannya ini, markdown banyak digunakan di berbagai platform seperti github, medium, hingga hashnode tempat blog ini ditulis.

Kenapa memilih markdown?

Saat kita ingin membuat dokumen, ada banyak pilihan format hingga software yang dapat digunakan. Jika kita bandingkan dengan yang lain, berikut ini kelebihan markdown.

  • Tidak perlu menggunakan software khusus, selama dapat menulis teks, itu sudah cukup.
  • File dokumen lebih ringan, karena cuma teks biasa.
  • Cara penulisan yang mudah, siapapun bisa menggunakan.

Bayangkan! Kita gak perlu lagi install software kayak ms word atau yang lain kalau mau bikin dokumen. Teks biasa aja udah jadi kalo pake markdown ini.

Bagaimana cara menulis menggunakan markdown?

Kita dapat menuliskan dokumen dengan format markdown dalam sebuah file teks atau bisa coba-coba di sini. Dengan cara penulisan sebagai berikut.

Judul

Judul ditulis menggunakan tanda pagar (#) lalu diikuti oleh kalimat judul itu sendiri. Contoh:

# Ini Judul

Judul sendiri memiliki beberapa tingkat, yang paling tinggi dituliskan dengan tanda pagar satu kali. Lalu semakin rendah, tambahkan lagi aja pagarnya, maksimal 6 ya. Contoh:

# Ini Judul
## Ini Judul
### Ini Judul
#### Ini Judul
##### Ini Judul
###### Ini Judul

Cetak Tebal (Bold)

Kita dapat menuliskan teks dengan cetak tebal atau bold dengan menuliskan dua tanda bintang (**) di depan dan di belakang teks. Jadi teksnya di tengah-tengah. Contoh:

**tebal nih**

Cetak Miring (Italic)

Kita dapat menuliskan teks dengan cetak miring atau italic dengan menuliskan satu tanda bintang (*) di depan dan di belakang teks. Jadi teksnya di tengah-tengah. Contoh:

*miring nih*

Bullet List

Membuat list yang ada bunder-bunder di depannya, bisa juga di markdown. Caranya dengan menggunakan tanda bintang (*) atau strip (-) di depan isi dari list-nya. Contoh:

* isi 1
* isi 2
* isi 3

- isi 1
- isi 2
- isi 3

Numbered List

Kalau ini list juga tapi yang pake angka, jadi keliatan urutannya dan jumlah datanya ada berapa. Caranya dengan menuliskan langsung nomornya, simple. Contoh:

1. isi 1
2. isi 2
3. isi 3

Link adalah teks yang terhubung pada bagian yang lainnya, sehingga teks itu bisa diklik. Membuat link di markdown, dapat menggunakan kurung siku untuk teksnya, lalu tanda kurung untuk alamat yang dituju. Contoh:

[link nih](https://nayatech.id)

Gambar

Di markdown, kalau mau menampilkan gambar juga cukup mudah. Caranya seperti menuliskan link, bedanya dengan menambah tanda seru (!) di awal.

![judul gambar](https://nayatech.id/assets/images/logo-circle.png)

Penutup

Itu dia, cuman teks biasa, tapi sudah bisa untuk macem-macem format kan? Tentu format standard yang sering kita gunakan. Jadi kalau butuh untuk dokumen-dokumen sederhana, markdown ini akan sangat membantu loh.

Terima kasih sudah baca.

Kalau mau diskusi, komen aja. Kalau mau berteman, bilang aja 😎

 
Share this