hadihammurabi

hadihammurabi

Linux Tips #1 - Update Package Hanya Yang di Butuhkan Saja

Linux Tips #1 - Update Package Hanya Yang di Butuhkan Saja

Eiittsss... Jangan diupdate semua! Cek dulu!

Melakukan update package biasanya dilakukan secara berkala dengan tujuan agar sistem dapat mengikuti perkembangan, sistem menjadi lebih stabil, dan karena alasan keamanan. Di Linux, terdapat beberapa pemaketan yang menyarankan update sangat sering, bahkan hampir setiap hari ada update. Hal ini disebabkan karena bila ada package yang melakukan perubahan, maka sudah dianggap sebuah update dan tidak terlalu memikirkan apakah package tersebut stabil atau tidak. Model pemaketan seperti ini disebut Rolling Release.

Package Manager

Terdapat banyak contoh Distro Linux yang menerapkan model pemaketan ini, salah satu contohnya adalah Arch Linux dengan pemaketan pacman. Dengan menggunakan pacman kita dapat memanajemen package yang ter-install di Arch Linux kita, termasuk untuk kebutuhan update package.

Ingat!!! Arch Linux itu rolling release. Jangan sembarangan update!

Update Package

Sifat rolling release pada Arch Linux, memfasilitasi pengguna agar lebih dekat dengan software yang digunakan, karena pengguna harus mengetahui dengan jelas kapan dan apa saja update yang ada di dalamnya. Namun, akan berbahaya bila pengguna mengabaikan ini, karena softwares yang belum stabil tadi dapat saja rusak dan bisa jadi merusak softwares yang lainnya, biasanya akibat dependecies.

Agar update menjadi lebih aman, ada baiknya pengguna mengetahui dahulu software apa saya yang dapat diupdate dengan menggunakan perintah berikut.

$ sudo pacman -Syy

dengan perintah di atas, pacman akan melakukan singkronisasi dan mencatat package apa saja yang update, dan yang tidak.

$ sudo pacman -Quq

setelah menjalankan perintah di atas, pacman akan menampilkan package apa saja yang dapat kita update. Dari list tersebut, ada baiknya dilakukan pemilahan, package mana yang dibutuhkan untuk diupdate. Caranya mudah.

  1. copy-paste
  2. hapus yang tidak perlu
  3. buat menjadi satu baris (hapus semua enter)

Bila sudah selesai, hasil pemilahan dapat di-copy, lalu dipaste saat melakukan perintah

sudo pacman -S <paste di sini>

Penutup

Mengetahui software apa yang kita install, dan memahami apa saja perubahan yang terjadi saat terdapat update dapat menghindarkan pengguna dari bahayanya software premature. Pastikan semuanya aman, lalu update.

Terima kasih sudah baca.

Kalau mau diskusi, komen aja. Kalau mau berteman, bilang aja 😎

 
Share this